MENGETIK
1O JARI
|
01
|
EDISI III - 2005
MATA DIKLAT :
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN
PENGELOLAAN INFORMASI
PROGRAM KEAHLIAN :
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN
DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN
2005
KETERAMPILAN
MENGETIK 10 JARI
EDISI III- 2005
DAFTAR ISI
DAFTAR ISI ............................................................................................................... 3
1 PENDAHULUAN ............................................................................................. 5
1.1 Deskripsi .................................................................................................... 5
1.2 Prasyarat .................................................................................................... 6
1.3 Petunjuk Penggunaan Modul ............................................................... 6
1.4 Tujuan Akhir............................................................................................... 7
1.5 Cek Kemampuan ..................................................................................... 8
1.5.1 Soal Teori
....................................................................................... 8
1.5.2 Soal
Praktek .................................................................................. 9
2 KEGIATAN BELAJAR 1 .............................................................................. 10
2.1 Tujuan ..................................................................................................... 10
2.2 Organisasi
Komputer ........................................................................... 10
2.3 Keyboard
............................................................................................... 12
2.4 Struktur tombol pada keyboard .......................................................... 14
2.5 Rangkuman kegiatan belajar 1
......................................................... 17
2.6 Tugas kegiatan belajar 1 ...................................................................... 18
2.7 Tes formatif kegiatan belajar 1 ............................................................ 18
3 KEGIATAN BELAJAR 2 ............................................................................. 19
3.1 Tujuan ..................................................................................................... 19
3.2 Langkah awal pemelajaran ................................................................. 19
3.3 Tips
menggunakan keyboard ............................................................ 20
3.4 Posisi
tangan pada keyboard ............................................................. 22
3.4.1 Posisi pertama ........................................................................... 22
3.4.2 Posisi kedua
............................................................................... 24
3.5 Latihan Dasar ............................................................................ ..... 26
3.5.1 Latihan penguasaan tombol pangkal ..................................... 26
3.5.2 Latihan penguasaan tombol g ................................................. 27
3.5.3 Latihan penguasaan tombol h ................................................. 27
3.5.4 Latihan penguasaan tombol e ................................................. 27
3.5.5 Latihan penguasaan tombol i .................................................. 28
3.5.6 Latihan penguasaan tombol r .................................................. 28
3.5.7 Latihan penguasaan tombol u ................................................. 28
3.5.8 Latihan penguasaan tombol m ................................................ 29
3.5.9 Latihan penguasaan tombol v ........................................... ..... 29
3.5.10 Latihan penguasaan tombol n .............................................. 29
3.5.11 Latihan penguasaan tombol b ............................................... 29
3.5.12 Latihan penguasaan tombol c ............................................... 30
3.5.13 Latihan penguasaan tombol koma ....................................... 30
3.5.14 Latihan penguasaan tombol t ................................................ 30
3.5.15 Latihan penguasaan tombol y ............................................... 31
3.5.16 Latihan penguasaan tombol o ............................................... 31
3.5.17 Latihan penguasaan tombol w .............................................. 31
3.5.18 Latihan penguasaan tombol titik ........................................... 31
3.5.19 Latihan penguasaan tombol shift kiri dan
kanan............... 32
3.5.20 Latihan penguasaan tombol p ............................................... 32
3.5.21 Latihan penguasaan tombol x ............................................... 32
3.5.22 Latihan penguasaan tombol q ............................................... 33
3.5.23 Latihan penguasaan tombol z ............................................... 33
3.5.24 Latihan penguasaan angka - angka .................................... 33
3.5.25 Latihan penguasaan tanda – tanda baca ........................... 34
3.5.26 Latihan mengetik cepat ........................................................... 35
3.6 Tugas kegiatan belajar 2 ..................................................................... 35
3.7 Tes formatif kegiatan belajar 2 ............................................................ 35
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................ ..... 36
1. PENDAHULUAN
1.1
Deskripsi
Nama Modul
|
:
|
Keterampilan mengetik 10 jari
|
Kode Kompetensi
|
:
|
TIK.OP01.001.01
|
Ruang lingkup isi
|
:
|
·
Dasar – dasar keyboard
|
o
Pengertian dan pengenalan Keyboard
|
||
o
Pemasangan Keyboard
|
||
o
Fungsi dan penggunaan keyboard
|
||
·
Mengetik 10 jari
|
||
Kaitan Modul
|
:
|
Modul ini digunakan sebagai modul awal untuk mata
diklat KKPI sebelum melanjutkan ke modul berikutnya.
|
Hasil yang diharapkan
|
:
|
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
mampu:
|
Manfaat di Industri
|
:
|
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan
untuk dapat:
|
1.2
Prasyarat
Untuk mempelajari modul ini tidak ada unit kompetensi dan
pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.
1.3
Petunjuk Penggunaan Modul
Untuk peserta didik
1. a) Bacalah modul dengan seksama,
terutama bagian instruksi.
b) Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang diharapkan, tingkat penguasaan
yang diharapkan serta waktu yang ditargetkan.
c) Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa
melihat kunci jawaban sebelum anda mengerjakannya.
d) Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
e) Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum anda melanjutkan ke
modul selanjutnya.
2. Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika dianggap perlu.
3. Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
4. Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu
mendiskusikan dengan teman yang sedang mengerjakan bagian yang sama, sebelum
anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau perlu, anda harus berusaha mencari
tahu jawabannya pada sumber yang lain.
5. Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat
penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian – bagian dari modul
yang belum anda kuasai, atau mintalah remediasi dan saran – saran dari guru /
instruktur. Ikuti ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda
melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.
Untuk guru / instruktur
1. Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan mempunyai daftar
bagian modul yang mungkin sulit bagi peserta didik dan mempersiapkan penjelasan
/ jawaban yang diperlukan.
2. Guru / instruktur harus mempunyai catatan posisi dan kemajuan setiap
peserta didik dan sekaligus memikirkan sumber informasi lain yang dapat
disarankan kepada peserta didik.
3. Guru / instruktur hendaknya dapat meningkatkan motivasi peserta didik
setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil (memberi pujian,
penghargaan, hadiah kecil, dll).
4. Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru / instruktur
harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan memberikan pertanyaan,
soal, test dan sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.
5. Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara berurutan.
6. Setiap satu modul selesai, peserta didik harus melaporkannya kepada
fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes sederhana, tanya
jawab dan sebagainya.
7. Peserta didik ditugaskan untuk membuat rangkuman setiap modul yang telah
mereka pelajari.
8. Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah diverifikasi.
9. Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu tingkat
dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka diberikan modul
pengayaan.
10. Modul ini merupakan edisi ketiga dari edisi awal materi kurikulum 2004.
Oleh karena itu, guru / instruktur diharapkan:
a. membuat catatan rinci mengenai kekurangan modul ini ;
b. Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada, sesuai dengan
kondisi setempat.
1.4
Tujuan Akhir
Setelah mempelajari
modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.
memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah satu alat input;
2.
mengetik 10 jari.
1.5
Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini, silakan langsung
mengambil unit kompetensi selanjutnya.
1.5.1
Soal Teori
1.
Yang dimaksud dengan keyboard adalah:
a. Alat untuk melihat hasil ketikan
b. Papan tombol ketik
c. Alat untuk mencetak
d. Program grafik
e. Kunci untuk komputer
2.
Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard
secara fisik:
a. Keyboard Serial
b. Keyboard Paralel
c. Keyboard PS/2
d. Keyboard Wireless
e. Keyboard USB
3.
Mana hal berikut yang bukan merupakan fungsi dari keyboard?
a.
Menekan tombol panah pada keyboard untuk menggerakkan kursor
b.
Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar atau
kecil
c.
Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d.
Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
e.
Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan layar ke
atas
4.
Jumlah tombol numerik pada keyboard adalah:
a.
9
b. 10
c. 11
d. 17
e. 19
5.
Fungsi tombol page down
adalah:
a.
Menggerakkan kursor ke kanan
b.
Menggerakkan kursor ke kiri
c.
Menggerakkan kursor ke atas
d.
Menggerakkan kursor ke bawah
e.
Menggerakkan kursor ke samping
1.5.2
Soal Praktek
1.
Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit dengan
menggunakan 10 jari (491 karakter).
|
2.
Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 10 menit dengan
menggunakan 10 jari (1090 karakter)
|
2. KEGIATAN BELAJAR 1
Tujuan
Pada kegiatan belajar ini, Anda akan
mempelajari tentang pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan
dibahas mengenai perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari
kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang terdapat pada keyboard tersebut.
Organisasi Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti
menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan
peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
·
Menurut
Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan
dapat menerima informasi input
digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output
berupa informasi.
·
Menurut Blissmer [2], komputer adalah
suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
- menerima input;
- memproses input tadi sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
- menerima input;
- memproses input tadi sesuai dengan programnya;
- menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
- menyediakan output dalam bentuk informasi.
·
Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa
komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar
secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur
tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh
bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
Gambar 1.1 Bagian-bagian Komputer
Gambar 1.2 Satu unit komputer
·
Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data atau perintah
ke dalam komputer
·
Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk
mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan
hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
·
Output device atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang
berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses
Keyboard
Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar
rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher
Latham pada tahun 1868 dan banyak
dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama
disesuaikan dari kartu pelubang (punch
card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu
pembuat lubang (punched card reader)
sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas
dari adanya sebuah komputer, karena keyboard
merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan
kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan
tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard
terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter
khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \
| serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol.
Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi
saat ini model keyboard sangat
variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan
mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan
fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita
menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa
saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka
hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil
atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian
kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan,
kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard
dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut
dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Secara fisik, keyboard
terbagi atas 4 bagian, yaitu:
1.
Keyboard Serial
Menggunakan DIN 5 male
dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
|
|||
2.
Keyboard PS/2
Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak
dipergunakan. Pemasangan keyboard
tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port yang dimiliki sama
dengan port untuk mouse.
|
|||||
3.
Keyboard Wireless
Sesuai dengan
namanya, keyboard tipe ini tidak
menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard
dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard
dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya
terdapat pada keyboard itu sendiri,
sedangkan penerima biasanya dipasang pada port
USB atau serial pada CPU.
|
|||
4. Keyboard USB
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan
jenis konektor USB yang menjamin
transfer data lebih cepat.
|
|||||
Struktur tombol pada keyboard
Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang
tidak terlalu pesat sejak ditemukan
pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan – penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat
pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4, yaitu:
5.
Tombol Ketik (typing
keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan
huruf pada keyboard, yaitu tipe
QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah
susunan QWERTY.
6.
Numeric Keypad
Numeric keypad
merupakan bagian khusus dari keyboard
yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan
operasi perhitungan. Struktur angkanya
disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
7.
Tombol Fungsi (Function
Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa
tombol fungsi pada keyboard standard.
Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada
sistem operasi maupun aplikasi.
8.
Tombol kontrol (Control
keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang
termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol
ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page
down, control (ctrl), alternate
(alt) dan escape (esc).
|
Beberapa fungsi tombol
pada keyboard terdapat pada tabel
berikut ini.
Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya
dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
|
|
Tombol CTRL akan berfungsi bila
penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin
saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard,
yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan
menggunakan CTRL-V
|
|
Tombol F1 – F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan
sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1
biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help
yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
|
|
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan CANCEL,
yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
|
|
Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya
sama dengan pilihan tombol OK,
yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter
juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses
pemasukan text.
|
|
Pada Window dialog,
menekan tombol TAB berarti pindah
ke field atau daerah isian atau
pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke
penghentian TAB (tab-stop)
terdekat.
|
|
Menggerakan penunjuk karakter
(kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan
karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol Delete
akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana
kursor berada akan terhapus.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol Home
akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal
baris dimana kursor berada.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol End
akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir
baris dimana kursor berada.
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol PgUp
akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas
sejauh satu layar dari kursor berada
|
|
Berguna pada saat
proses pengetikan. Menekan tombol PgUp
akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor
berada
|
Rangkuman kegiatan belajar 1
·
Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data
secara langsung kepada bagian proses
·
Secara fisik,
keyboard dapat dibagi menjadi 4
jenis, yaitu:
o
Serial;
o
PS2;
o
Wireless;
o
USB.
·
Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
o
Typing keys;
o
Numeric keypad;
o
Function keys;
o
Control keys.
·
Tombol ketik
pada keyboard terdiri atas 2 jenis,
yaitu QWERTY dan DVORAK.
Tugas kegiatan belajar 1
1.
Diskusikan dengan rekan Anda fungsi utama keyboard sebagai alat input.
2.
Carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai jenis –
jenis keyboard, terutama dari segi
desain ergonomisnya (Silakan buka www.ilmukomputer.com, www.howstuffworks.com
dan www.whatis.com
).
3.
Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.
4.
Bukalah aplikasi word
processing apa saja (atau minta bantuan guru / instruktur anda untuk
membukanya), kemudian ketik satu persatu tombol – tombol pada keyboard, kemudian catat dan buat
rangkuman korelasi antara penekanan tombol dengan hasil yang tampak pada layar
Anda.
Tes formatif pemelajaran 1
Selesaikan soal teori
yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
3. KEGIATAN BELAJAR 2
3.1
Tujuan
Untuk apa belajar mengetik 10 jari
apabila dengan ‘11’ jari saja pekerjaan sehari – hari telah dapat
dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan
terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.
Memang seorang teknisi tidak
membutuhkan kecepatan dan kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang
sekretaris, tetapi apabila dihadapkan pada suatu keadaan yang baru, dimana
kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan
tepat adalah sebuah keharusan.
Kegiatan belajar
2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari yang dilengkapi dengan
latihan untuk setiap tombol yang ada pada keyboard.
Setiap latihan hendaknya dapat diikuti secara penuh dan bertahap. Jangan
melangkah ke latihan berikutnya apabila belum memahami dan menguasai latihan
yang saat ini dilaksanakan.
3.2
Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah ini pada komputer di depan Anda
(silakan menggunakan word processing apa pun, mintalah bantuan
instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda
butuhkan untuk mengetik keseluruhan kalimat.
|
·
Hitung waktu
yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
·
Hitung
kesalahan kata dan huruf yang Anda lakukan dalam pengetikan tersebut.
·
Ingin mengetik
dengan lebih cepat ?
Lebih akurat ? Dan
lebih Profesional ?
3.3
Tips menggunakan keyboard
Di masa sekarang ini
telah tersedia berbagai macam produk keyboard
yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang
lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda,
terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya
mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam
majalah "Her World".
"Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya.
Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
1.
Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak
tangan
Upayakan pergelangan
tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan
anda seperti mengambang. Jangan tegang.
2.
Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda dalam
posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik,
selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat
lelah.
3.
Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa
lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang.
Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4.
Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol
dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda
sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5.
Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan
tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard.
Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.
3.4
Posisi tangan pada keyboard
Secara umum, ada 2 cara
peletakan tangan pada keyboard.
3.4.1
Posisi Pertama
Tangan Kiri
|
||||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
Baris Kedua
|
=
|
Tab dan Q
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
Capslock dan A
|
||
Baris Keempat
|
=
|
Shift kiri dan Z
|
||
Baris Kelima
|
=
|
Ctrl dan Windows
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
2
|
Baris Kedua
|
=
|
W
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
S
|
||
Baris Keempat
|
=
|
X
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
3
|
Baris Kedua
|
=
|
E
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
D
|
||
Baris Keempat
|
=
|
C
|
||
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
4 dan 5
|
Baris Kedua
|
=
|
R dan T
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
F dan G
|
||
Baris Keempat
|
=
|
V dan B
|
||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
Tangan kanan
|
||||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kanan dan Spasi
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
6 dan 7
|
Baris Kedua
|
=
|
Y dan U
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
H dan J
|
||
Baris Keempat
|
=
|
N dan M
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
8
|
Baris Kedua
|
=
|
I
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
K
|
||
Baris Keempat
|
=
|
,
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
9
|
Baris Kedua
|
=
|
O
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
L
|
||
Baris Keempat
|
=
|
.
|
||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
0, -, = dan BackSpace
|
Baris Kedua
|
=
|
P, [ dan ]
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
L, ;, ‘ dan Enter
|
||
Baris Keempat
|
=
|
/ dan shift kanan
|
3.4.2
Posisi Kedua
Tangan Kiri
|
||||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
‘ dan 1
|
Baris Kedua
|
=
|
Tab dan Q
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
Capslock dan A
|
||
Baris Keempat
|
=
|
Shift kiri dan Z
|
||
Baris Kelima
|
=
|
Ctrl dan Windows
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
2 dan 3
|
Baris Kedua
|
=
|
W
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
S
|
||
Baris Keempat
|
=
|
X
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
4
|
Baris Kedua
|
=
|
E
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
D
|
||
Baris Keempat
|
=
|
C
|
||
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
5 dan 6
|
Baris Kedua
|
=
|
R dan T
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
F dan G
|
||
Baris Keempat
|
=
|
V dan B
|
||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kiri dan Spasi
|
Tangan kanan
|
||||
Ibu Jari
|
:
|
Baris Kelima
|
=
|
Alt kanan dan Spasi
|
Jari Telunjuk
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
7 dan 8
|
Baris Kedua
|
=
|
Y dan U
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
H dan J
|
||
Baris Keempat
|
=
|
N dan M
|
||
Jari Tengah
|
:
|
Baris Kedua
|
=
|
I
|
Baris Ketiga
|
=
|
K
|
||
Baris Keempat
|
=
|
L
|
||
Jari Manis
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
9
|
Baris Kedua
|
=
|
O
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
L
|
||
Baris Keempat
|
=
|
.
|
||
Jari Kelingking
|
:
|
Baris Pertama
|
=
|
0, -, = dan BackSpace
|
Baris Kedua
|
=
|
P, [ dan ]
|
||
Baris Ketiga
|
=
|
;, ‘ dan Enter
|
||
Baris Keempat
|
=
|
/ dan shift kanan
|
||
Baris Kelima
|
=
|
Windows, left click dan ctrl kanan
|
Modul ini menggunakan
cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.
3.5
Latihan Dasar
Bagian ini merupakan
latihan – latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik langkah –
langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya
apabila latihan pertama belum dikuasai dengan baik.
3.5.1
Latihan penguasaan tombol pangkal
Garis pangkal ini adalah
letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus segera kembali pada posisi
garis pangkal.
Tangan kiri: A, S, D dan F Tangan kanan: J, K, L dan ;
Untuk melatih penggunaan
tombol pangkal, ketiklah yang berikut masing – masing 5 baris.
ff ff
ff ff jj
jj jj jj fj fj fj jf jf ff
jj fj fj jf jf
dd dd dd kk kk kk dk
dk kd dk
dd kk fk
jd kj jk kj
ss ll ss ll ss
ll sl ls ls ls js fl
fl dl dl ld js lf ld
aa aa ;; ;; aa
aa ;; ;;
a; a; a;
aj aj aj
f; ka da
ja f;
jaf faj dak kad jad dal lad
sad sak kas dak kal
jak lak
daka kada lasa sala
fasa
asaf asal sadal
akal adas jala
jasa lasak falak
salak jalak fasal
jasad kadal kakak
jajal
jakad sakal kadas
kasad kasal kas dadak sadak saja alas
jaksa ada kala;
kakak ada dada;
jaksa jajal fasal
fasal
3.5.2
Latihan penguasaan tombol g
Tombol g diketik dengan
jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari
kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris
fg fg gf
jg gj dg kg kg
sg lg ag
jg lg ag
jg lg sg dg gd
gaf gad gal
gas gaj gagak
gagad jagad gagal
lagak galak
gaja jaga gasak
gadak gasal gajak
gagak gafa gagal
gafa
galak jagad gagal
gagak sagak lagak
gafal gafaj lafas gas
ada gagak galak;
galak gagak ada
saja; saja gagak
fasal
3.5.3
Latihan penguasaan tombol h
Tombol h diketik dengan
jari telunjuk tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk,
sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
jh jh hj
fh hf hk kh hd
ha hl sh
ah ha hl hs
jah fah gah
dah sah lah
hal has hak
hah hag fah dah
hajag gadah halal
hagal lafah halal
kalah lajah sadah
hafal hafas hajag
jadah asah gajah
jaha jasad gajah
akal
lafal gajah salah
jagad; kadal salah
gajah; kasa jaksa
3.5.4
Latihan penguasaan tombol e
Tombol e diketik dengan jari tengah tangan kiri ke
sebelah atas.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
de de de
ed ed ed
ke ek fe
je fe ge
se le ke
se dek
dede keke
dekdek kedked dedak
ledas sedak dedes ledas
kekal sedah
lekah gede jedah
lelah gedek saleh
hehe
3.5.5
Latihan penguasaan tombol i
Tombol i
diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ki ki
ki ik ik
ik di di
fi fi ji
ji li si
is di ki
di di
ki didi
dedi keki sili
lisi siki didik
dedik didih dedi keki
lili leli
sisi lidi asih
gigi gigih jika
alih kaki daki jikil
didik didi
lihai sedih siji
gili gila hilaf
fisik sedih lihai
3.5.6
Latihan penguasaan tombol r
Tombol r diketik dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
fr fr
fr rf rf
rf jr jr
rj rj gr
gr rg rg
rh kr dr
sr
fir fer
ker lir sir
ser ler air
lari kari kiri
dari kiri rid
raki rika
geri heri jeri
feri seri lira
sari deras jari deras
era eri geri
risa riri kera
dera liar riak
rial rias rere eri
3.5.7
Latihan penguasaan tombol u
Tombol u
diketik dengan jari telunjuk kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ju ju
ju uj uj
uj fu fu
uf gu ug
hu uh du
lu ul sul
juju fuju
guju huju kuku
duduk susu lusu
suku ujuk juri
ujud sujud kuah sauh
guruh deru jeruk
deruh ragu sagu
deru saku
laku kaku siku
rusak luas kura
lagu salju gusi
3.5.8
Latihan penguasaan tombol m
Tombol m
diketik dari jari telunjuk kanan rapat ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jm jm jm mj
mj mj fm
mf dm md
km mk ms
im sm am
mia mie
mis mid mif
mud mur muak
muka rame rumah
jama jamu
jemu mimis mila
mimic demi semir
mile limau
ramah samak
lemak mika, gama
jamak maka mamuk
3.5.9
Latihan penguasaan tombol v
Tombol v
diketik dengan jari telunjuk kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fv fv
fv vf vf
vf hv vh
fv fv iv
vi dv vd vk kv vl
vur vir
val vak vaf
vakir vas vava
vasir luv vul
vuvur viva
vuvu vulva
vis vulva vikda
vules veksi viksa
vulva veve
gavur haver
juvel livak kurva
larva serva vivi
vasu suva
3.5.10 Latihan penguasaan tombol n
Tombol n
diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jn jn
jn nj nj
nj jan nam
jin jen nevl
neni nina nini
nana makan nian deni
senian anin nian
mian nisah ninah
gung gunung
junan fanni nisan
hiasan human nunuk nava
niur sana
sini mina vandal
mannen nama nenek
nanu niru
3.5.11 Latihan penguasaan tombol b
Tombol b
diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
fb fb
fb bf bf
bf jb bj
bk bal lab
bas buk bek bikin
bubuk baba babi bibi
bebek lubuk kubu
bubur dubur bulu
baris bala
baker badu babi
basi bari bisul
beruk babak
bani bakmi
bendi badak barak
benak bivak beruk busuk
3.5.12 Latihan penguasaan tombol c
Tombol c
diketik dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
dc dc
dc ce cd
cd kc ck
jc ic cl
ch gc cg
cd
cece cuka
ceki cucu caca
cici cari cicil
curi ceri carilah
cadu cuad
cecis nacis leces
lecet licu macu
baca ceceb
3.5.13 Latihan penguasaan tombol koma
Tombol
koma diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
cucu
nenek, anak ibu, adik kakek,
lurah, cucu, nenek,
ibu,
anak, adik, sama,
jani, gajah, macan,
rusa, camar, kejam,
3.5.14 Latihan penguasaan tombol t
Tombol t
diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ft ft
ft tf tf
tf ft tf
lt tl st
nt mt tm
tn ts st
tm
fit tek
tak tuk tika
teri tiku timun
teriak tarik titi
tek
taci tecu
tacu taji tareh
atgi timun tinggi
titing tuti
seriti sarut
tuan tutu tajah ganti setuju
catu sarut tuka
3.5.15 Latihan penguasaan tombol y
Tombol y
diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
jy jy
yj yj hy
yh fy yf
yt yt ty
uy yu yhj
yhy juy kuy
yeni yuyu
yareh yety jaya
raya saya daya
kayu layu
yati gayu
hayu masayu dayan
citayan cilamaya sayur yari
3.5.16 Latihan penguasaan tombol o
Tombol o
diketik dengan jari manis kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
lo lo
lo so so
ko ok do
fo jo ho
so lo co
to vo lo
lolo sono
olo solo kodok
rokok totok golok
holo alo elok
olok ojak
okumeno bodoh jorok
gado cocok odek
reok
otak olah
solo Volvo oyak
yoyo yono tono
otak olah solo
3.5.17 Latihan penguasaan tombol w
Tombol w
diketik dengan jari manis kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sw sw sw
ws ws lw
lws sws lws
cow woll loww soww
woll wall
which saw was
who which what
who cow wall
wolf waht
which saw was
twi two town
khow down
jewells giwang
hawa mawas sawa ketawa sawo
mawar
3.5.18 Latihan penguasaan tombol titik
Tombol
titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
ll. s. ol.
sw. ll. ss.
sws. lolo. so.
los. kaos. lolos.
hari ini cocok untuk ia bermain. sedang kemarin ia tidak tidur
hari ini untuk bermain. sedang kemarin ia tidak cocok saja.
yathy sakit hari ini.
sebab itu ia tidak masuk sekolah hari ini.
3.5.19 Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
Apabila jari tangan kanan mengetik, maka tombol shift
kiri yang ditekan, sedangkan apabila jari tangan kiri yang mengetik, maka tombol
shift kanan yang ditekan.
Ketiklah kata berikut
masing – masing 5 baris.
Juni, Korma,
Lerry, Itik,
Musa, Harry, Unu,
Noyo, Juni,
Ferry, Gajah,
Dick, Sulaiman, Agustus,
Gurry, Bakar, Dock,
3.5.20 Latihan penguasaan tombol p
Tombol p
diketik dengan jari kelingking kanan ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
pp ap
sp dp fp
lp kp gp tp cp
up mp ap wp pp
ap
apa papa
panam palu paku
pasar patal pagar
pagi papa
papan gapur
cipa yapa peri
pakta pastor pondok
pantun
japan gapur
cipa yapa copot
bapak pispot wingpt
panu
Padi menguning,
pastor membaca, Phospor
bahan kimia
3.5.21 Latihan penguasaan tombol x
Tombol x
diketik dengan jari manis kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
sx sx
sx xs xs
xs lx xl
dx xd fx
kx xk wx
xw kx
max nes
lex dex telex
xenon ex donex
maxy sexy xeres
exec laxi
maxi taxi rotax
xixi xuci telex
six taxi laxi cixi
3.5.22 Latihan penguasaan tombol q
Tombol q
diketik dengan jari kelingking kiri ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
aq aq
aq qa qa
jq qj kq
qk bq qv
cq xq tq
rq
quin qoqo
qaqa Qantas qanqan
qimpu quker quares
qoqo
Conqueror
makan Quakeer, Queen dinobatkan pada hari
ini.
3.5.23 Latihan penguasaan tombol z
Tombol z
diketik dengan jari kelingking kiri ke bawah.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
az az
az za za
za zz za
az kz dz
zd iz wz
qz zq iz
taz zat
zar zul zone
zigzag zamzam zone
zitzit zaszas zat
Ijazah, Zone, Zigzag,
Zamzam, Zulkarnaen, Zulham,
Zone.
3.5.24 Latihan penguasaan angka – angka
Pengetikan angka – angka
ini perlu mendapat perhatian yang serius karena tata letak tombol yang agak
sukar.
Angka 1 :
dengan jari kelingking kiri ke atas
Angka 2 :
dengan jari manis kiri ke atas
Angka 3 :
dengan jari tengah kiri ke atas
Angka 4 :
dengan jari telunjuk kiri ke atas
Angka 5 : dengan
jari telunjuk kiri ke atas
Angka 6 :
dengan jari telunjuk kanan ke atas
Angka 7 :
dengan jari telunjuk kanan ke atas
Angka 8 :
dengan jari tengah kanan ke atas
Angka 9 :
dengan jari manis kanan ke atas
Angka 0 :
dengan jari kelingking kanan ke atas
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.
a1 a1
a1 1a 1a
1a q1z s1s
a1 a1 z1
1z 11 a1
11 s1
Saya
perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.
S2 S2
w2 x2 12
c2 s2 w2
12 s2 w2
12 k2 d2
f2 s2 12
d3 d3 e3 e3
d3 de3 dc3
cd3 ce3 ce3
kd3 fr3 gr3
de3
Ayah
mempunyai cucu sebanyak 3 orang.
y4 y4
y4 4y rr4
f4b f4m 4fm
4ry y4r y4
c4
f5 f5
5f 5f 5f
f5v f5g 5g5
55ff 5f f4g
gg4 5f5 f5
Rokok 55
express buatan London.
j6 j6j
y6y j6m j6u
6j6 6u6 6un
h6y y6y 6yh
6yn 6ym
j6 j6j
j6u 6j6 6u6
6um h6y y6y
6yh 6yn 6ym
6ym 6y6
Dalam
tahun tertentu banyaknya hari 366 hari.
J7 j7j
ju7 jm7 yu7
7un ju7 u7j
j7j 7j7 j7j
7uj 7uj
Satu
minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.
k8 k8k
8k8 ki8 dk8
8ki 88k 8d8
8dk d8i dk8
88i
l9 l9l 99
lo9
sl9 sl9 l9l
99s oo9 ll9
9l9 o9o ao9
9ol
1a 10
100 010 1p
p1 p0 001
0p1 101 000
0p p1
3.5.25 Latihan penguasaan tanda – tanda baca
Untuk tanda – tanda baca
yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol
shift kiri atau kanan dan selanjutnya menekan tombol angka yang sesuai.
Untuk tanda – tanda baca
yang terletak di sebelah kanan, diketik dengan menggunakan jari kelingking
kanan.
Tanda
kurang dapat digunakan juga sebagai garis pemisah.
Ketiklah
kata berikut masing – masing 5 baris.
PT.
“SRIWIJAWA LINES” Jalan Andalas 5, Jambi.
5% dari
10.000 kg = 500 kg
L =
Pound Sterling adalah mata uang Inggris.
$ =
Dollar adalah mata uang USA.
(Dr.Ir.Gatot
Hari Priowirjanto); Direktur Dikmenjur Depdiknas Jakarta
3.5.26 Latihan mengetik cepat
Ketiklah kalimat –
kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit (100 hentakan per – menit).
|
3.6
Tugas kegiatan belajar 2
1.
Tuliskan alasan mengapa Anda memilih program keahlian
pada SMK yang saat ini Anda geluti. Tulis esai tersebut dengan mengetik pada
komputer Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai
1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal 10 menit.
2.
|
||||
3.7
Tes formatif kegiatan belajar 2
Selesaikan soal praktek
yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
DAFTAR PUSTAKA
M. Situmeang, Drs, Pelajaran
Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.
Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun
Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.
www.ilmukomputer.com
www.whatis.com
www.howstuffworks.com
Komentar
Posting Komentar