MENGETIK
1O JARI
01

EDISI III - 2005






MATA DIKLAT :
KETERAMPILAN KOMPUTER DAN
PENGELOLAAN INFORMASI

PROGRAM KEAHLIAN :
SEMUA PROGRAM KEAHLIAN





DIREKTORAT JENDERAL PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PENDIDIKAN MENENGAH KEJURUAN

2005
KETERAMPILAN
MENGETIK 10 JARI

EDISI III- 2005























DAFTAR ISI
 



DAFTAR ISI  ............................................................................................................... 3

1       PENDAHULUAN ............................................................................................. 5
          1.1  Deskripsi .................................................................................................... 5
          1.2  Prasyarat .................................................................................................... 6
          1.3  Petunjuk Penggunaan Modul ............................................................... 6
          1.4  Tujuan Akhir............................................................................................... 7
          1.5  Cek Kemampuan ..................................................................................... 8
                 1.5.1  Soal Teori  ....................................................................................... 8
                 1.5.2  Soal Praktek  .................................................................................. 9

2       KEGIATAN BELAJAR  1  .............................................................................. 10
          2.1  Tujuan ..................................................................................................... 10
          2.2  Organisasi Komputer  ........................................................................... 10
          2.3  Keyboard  ............................................................................................... 12
          2.4   Struktur tombol pada keyboard  .......................................................... 14
          2.5   Rangkuman kegiatan belajar 1  ......................................................... 17
          2.6   Tugas kegiatan belajar 1 ...................................................................... 18
          2.7   Tes formatif kegiatan belajar 1 ............................................................ 18
                                                  
3       KEGIATAN BELAJAR  2  ............................................................................. 19
          3.1  Tujuan ..................................................................................................... 19
          3.2   Langkah awal pemelajaran ................................................................. 19
          3.3  Tips menggunakan keyboard  ............................................................ 20
          3.4  Posisi tangan pada keyboard ............................................................. 22
                  3.4.1  Posisi pertama  ........................................................................... 22
                  3.4.2  Posisi kedua  ............................................................................... 24
          3.5   Latihan Dasar        ............................................................................ ..... 26
                  3.5.1  Latihan penguasaan tombol pangkal ..................................... 26
                  3.5.2  Latihan penguasaan tombol g ................................................. 27
                  3.5.3  Latihan penguasaan tombol h ................................................. 27
                  3.5.4  Latihan penguasaan tombol e ................................................. 27
                  3.5.5  Latihan penguasaan tombol i .................................................. 28
                  3.5.6  Latihan penguasaan tombol r .................................................. 28
                  3.5.7  Latihan penguasaan tombol u ................................................. 28
                  3.5.8  Latihan penguasaan tombol m ................................................ 29
                  3.5.9  Latihan penguasaan tombol v ........................................... ..... 29
                  3.5.10  Latihan penguasaan tombol n .............................................. 29
                  3.5.11  Latihan penguasaan tombol b ............................................... 29
                  3.5.12  Latihan penguasaan tombol c ............................................... 30
                  3.5.13  Latihan penguasaan tombol koma ....................................... 30
                  3.5.14  Latihan penguasaan tombol t ................................................ 30
                  3.5.15  Latihan penguasaan tombol y ............................................... 31
                  3.5.16  Latihan penguasaan tombol o ............................................... 31
                  3.5.17  Latihan penguasaan tombol w .............................................. 31
                  3.5.18  Latihan penguasaan tombol titik ........................................... 31
                  3.5.19  Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan............... 32
                  3.5.20  Latihan penguasaan tombol p ............................................... 32
                  3.5.21  Latihan penguasaan tombol x ............................................... 32
                  3.5.22  Latihan penguasaan tombol q ............................................... 33
                  3.5.23  Latihan penguasaan tombol z ............................................... 33
                  3.5.24  Latihan penguasaan angka - angka .................................... 33
                  3.5.25  Latihan penguasaan tanda – tanda baca ........................... 34
                  3.5.26  Latihan mengetik cepat ........................................................... 35
          3.6   Tugas kegiatan belajar  2 ..................................................................... 35
          3.7   Tes formatif kegiatan belajar 2 ............................................................ 35

                 
DAFTAR PUSTAKA  ........................................................................................ ..... 36     



















1. PENDAHULUAN
 


1.1         Deskripsi

Nama Modul
:
Keterampilan mengetik 10 jari
Kode Kompetensi
:
TIK.OP01.001.01
Ruang lingkup isi
:
·         Dasar – dasar keyboard


o   Pengertian dan pengenalan Keyboard


o   Pemasangan Keyboard


o   Fungsi dan penggunaan keyboard


·         Mengetik 10 jari
Kaitan Modul
:
Modul ini digunakan sebagai modul awal untuk mata diklat KKPI sebelum melanjutkan ke modul berikutnya.
Hasil yang diharapkan
:
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
  1. menggunakan keyboard;
  2. mengetik 10 jari dengan menggunakan keyboard.
Manfaat di Industri
:
Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan untuk dapat:
  1. berintegrasi dengan teknologi yang telah diterapkan di industri dengan mudah;
  2. melaksanakan jenis-jenis pekerjaan yang dibutuhkan di industri;
  3. mengembangkan kemampuan diri secara mandiri untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat;
  4. mengetik 10 jari dengan cepat, tepat dan efisien.


1.2         Prasyarat

Untuk mempelajari modul ini tidak ada unit kompetensi dan pengetahuan yang harus dikuasai sebelumnya.

1.3         Petunjuk Penggunaan Modul

Untuk peserta didik
1.    a)  Bacalah modul dengan seksama, terutama bagian instruksi.
b)    Pahami tujuan anda mempelajari modul, sasaran yang diharapkan, tingkat penguasaan yang diharapkan serta waktu yang ditargetkan.
c)    Kerjakanlah tugas dan latihan yang terdapat di dalamnya dengan jujur tanpa melihat kunci jawaban sebelum anda mengerjakannya.
d)    Gunakan teknik membaca cepat dalam mempelajari modul.
e)    Laporkan kemajuan anda kepada guru / instruktur sebelum anda melanjutkan ke modul selanjutnya.
2.    Anda diperbolehkan bertanya kepada guru / instruktur jika dianggap perlu.
3.    Usahakan menyelesaikan setiap modul lebih cepat dari waktu yang ditetapkan
4.    Jika ada bagian yang belum anda pahami, cobalah terlebih dahulu mendiskusikan dengan teman yang sedang mengerjakan bagian yang sama, sebelum anda bertanya pada guru / instruktur. Kalau perlu, anda harus berusaha mencari tahu jawabannya pada sumber yang lain.
5.    Tingkat pemahaman minimal yang diharapkan sebesar 70%, jika tingkat penguasaan anda kurang dari 70%, pelajari materi / bagian – bagian dari modul yang belum anda kuasai, atau mintalah remediasi dan saran – saran dari guru / instruktur. Ikuti ketentuan yang berlaku dalam setiap modul sebelum anda melanjutkan ke bagian lain atau ke modul berikutnya.

Untuk guru / instruktur
1.    Guru / instruktur harus menguasai sepenuhnya isi modul dan mempunyai daftar bagian modul yang mungkin sulit bagi peserta didik dan mempersiapkan penjelasan / jawaban yang diperlukan.
2.    Guru / instruktur harus mempunyai catatan posisi dan kemajuan setiap peserta didik dan sekaligus memikirkan sumber informasi lain yang dapat disarankan kepada peserta didik.
3.    Guru / instruktur hendaknya dapat meningkatkan motivasi peserta didik setiap saat terutama bagi peserta didik yang berhasil (memberi pujian, penghargaan, hadiah kecil, dll).
4.    Sebelum memberikan verifikasi keberhasilan peserta didik, guru / instruktur harus mengevaluasi keberhasilan peserta didik dengan memberikan pertanyaan, soal, test dan sebagainya yang telah dipersiapkan terlebih dahulu.
5.    Modul yang digunakan oleh peserta didik harus dimulai secara berurutan.
6.    Setiap satu modul selesai, peserta didik harus melaporkannya kepada fasilitator dan diverifikasi oleh fasilitator melalui tes sederhana, tanya jawab dan sebagainya.
7.    Peserta didik ditugaskan untuk membuat rangkuman setiap modul yang telah mereka pelajari.
8.    Peserta didik dapat melanjutkan ke modul berikutnya setelah diverifikasi.
9.    Bila peserta didik dapat menyelesaikan seluruh modul dalam satu tingkat dengan waktu kurang dari yang ditetapkan, maka mereka diberikan modul pengayaan.
10. Modul ini merupakan edisi ketiga dari edisi awal materi kurikulum 2004. Oleh karena itu, guru / instruktur diharapkan:
a.    membuat catatan rinci mengenai kekurangan modul ini ;
b.    Menambahkan materi yang dianggap lebih baik dari yang ada, sesuai dengan kondisi setempat.

1.4         Tujuan Akhir

Setelah mempelajari modul ini, peserta didik diharapkan mampu:
1.    memahami fungai dasar dan penggunaan keyboard sebagai salah satu alat input;
2.    mengetik 10 jari.
1.5         Cek Kemampuan
Apabila Anda dapat menjawab seluruh soal di bawah ini, silakan langsung mengambil unit kompetensi selanjutnya.

1.5.1     Soal Teori

1.    Yang dimaksud dengan keyboard  adalah:
a.    Alat untuk melihat hasil ketikan
b.    Papan tombol ketik
c.    Alat untuk mencetak
d.    Program grafik
e.    Kunci untuk komputer

2.    Pilih dibawah ini yang bukan jenis keyboard secara fisik:
a.    Keyboard Serial
b.    Keyboard Paralel
c.    Keyboard PS/2
d.    Keyboard Wireless
e.    Keyboard USB

3.    Mana hal berikut yang bukan merupakan fungsi dari keyboard?
a.    Menekan tombol panah pada keyboard untuk menggerakkan kursor
b.    Menekan tombol shift untuk menempilkan huruf besar atau kecil
c.    Menekan tombol esc untuk membatalkan perintah
d.    Menekan tombol enter untuk menghapus hasil ketikan
e.    Menekan tombol page up untuk menggulung tampilan layar ke atas

4.    Jumlah tombol numerik pada keyboard adalah:
a.    9
b.    10
c.    11
d.    17
e.    19

5.    Fungsi tombol page down adalah:
a.    Menggerakkan kursor ke kanan
b.    Menggerakkan kursor ke kiri
c.    Menggerakkan kursor ke atas
d.    Menggerakkan kursor ke bawah
e.    Menggerakkan kursor ke samping

1.5.2     Soal Praktek

1.    Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit dengan menggunakan 10 jari (491 karakter).

Bila Anda ingin sukses dan berhasil membina teknik mengetik yang baik, maka Anda memerlukan waktu yang cukup pendek hanya dengan syarat bahwa anda harus mengikuti semua petunjuk pengajar Anda setiap hari.  Terutama pikiran Anda harus tenang dan relax tanpa memikirkan yang lain-lain, pusatkanlah perhatian anda pada naskah yang terletak di meja Anda. Gerakkanlah jari-jari Anda dengan teratur dengan kecepatan yang sama, usahakanlah bahwa jari-jari Anda tetap pada garis pangkal.

 
 













2.    Ketik kalimat di bawah ini dalam waktu 10 menit dengan menggunakan 10 jari (1090 karakter)


Menteri Radius Prawiro kemarin mengatakan, tekstil termasuk produk dengan siklus pendek, yaitu cepat ada pergantian jenis produk karena harus memenuhi selera itu, hasil produksinya tidak bakal banyak menarik masyarakat konsumen.
Karena itu, pengusaha tekstil dalam negeri harus mengadakan penelitian lapangan, untuk menentukan jenis disain yang digemari masyarakat. Berdasarkan penelitian tersebut, perusahaan dapat membuat disain yang paling digemari. Tetapi situasi sekarang ini lain, salah satu produk yang digemari diproduksi sebanyak- banyaknya, melebihi kebutuhan. Sehingga ketika selera konsumen berubah mengarah ke kualitas yang lebih bagus, maka tekstil tersebut tinggal tertumpuk tidak mampu dijual lagi.
Masalah kuantitas dan kualitas, selain untuk pasaran dalam negeri juga untuk ekspor. Bila kualitas tidak memenuhi syarat ekspor, tentu tidak laku untuk dipasarkan di luar negeri.  Dalam persaingan di pasaran internasional, produsen Indonesia sebaiknya memiliki keterampilan, teknologi tinggi serta efisiensi yang setaraf dalam berproduksi dan manajemen usaha.
 
 


     



















2. KEGIATAN BELAJAR 1
 



        Tujuan

Pada kegiatan belajar ini, Anda akan mempelajari tentang pengertian komputer serta bagian – bagiannya. Juga akan dibahas mengenai perangkat input komputer yang paling banyak digunakan, yaitu keyboard.
Sebagai sebuah perangkat input, keyboard memiliki banyak fungsi yang dijelaskan secara rinci.
Diharapkan setelah mempelajari kegiatan belajar ini, Anda dapat memahami jenis – jenis keyboard serta fungsi tombol – tombol yang terdapat pada keyboard tersebut.

        Organisasi Komputer

Komputer berasal dari bahasa latin computare yang berarti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan termininologi komputer.
·                Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
·                Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
-    menerima input;
-    memproses input tadi sesuai dengan programnya;
-    menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
-    menyediakan output dalam bentuk informasi.
·                Sedangan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Sistem kerja komputer secara garis besar terbagi atas 3 bagian, dan seluruh bagian ini saling berkaitan satu sama lain.
 















Gambar 1.1  Bagian-bagian Komputer
 










Gambar 1.2  Satu unit komputer

·         Input device atau alat masukan adalah perangkat keras komputer yang  berfungsi untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer
·         Process device atau alat pemroses adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk mengolah data atau perintah yang diterima oleh alat masukan dan memberikan hasil pengolahan data tersebut kepada bagian output
·         Output device  atau alat keluaran adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh bagian proses

        Keyboard

Penciptaan keyboard komputer di ilhami oleh penciptaan mesin ketik yang dasar rancangannya di buat dan di patenkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868 dan banyak dipasarkan pada tahun 1877 oleh Perusahaan Remington.
Keyboard komputer pertama disesuaikan dari kartu pelubang (punch card) dan teknologi pengiriman tulisan jarak jauh (Teletype). Tahun 1946 komputer ENIAC menggunakan pembaca kartu pembuat lubang (punched card reader) sebagai alat input dan output.
Bila mendengar kata “keyboard” maka pikiran kita tidak lepas dari adanya sebuah komputer, karena keyboard merupakan sebuah papan yang terdiri dari tombol-tombol untuk mengetikkan kalimat dan simbol-simbol khusus lainnya pada komputer. Keyboard dalam bahasa Indonesia artinya papan tombol jari atau papan tombol. Pada keyboard terdapat tombol-tombol huruf A – Z, a – z, angka 0 - 9, tombol dan karakter khusus seperti : ` ~ @ # $ % ^ & * ( ) _ - + = < > / , . ? : ; “ ‘ \ | serta tombol-tombol khusus lainnya yang jumlah seluruhnya adalah 104 tombol. Sedangkan pada Mesin ketik jumlah tombolnya adalah 52 tombol. Bentuk keyboard umumnya persegi panjang, tetapi saat ini model keyboard sangat variatif.
Dahulu orang banyak yang menggunakan mesin ketik baik yang biasa maupun mesin ketik listrik. Nah, keyboard mempunyai kesamaan bentuk dan fungsi dengan mesin ketik. Perbedaannya terletak pada hasil output atau tampilannya. Bila kita menggunakan mesin ketik, kita tidak dapat menghapus atau membatalkan apa-apa saja yang sudah ketikkan dan setiap satu huruf atau simbol kita ketikkan maka hasilnya langsung kita lihat pada kertas. Tidak demikian dengan keyboard. Apa yang kita ketikkan hasil atau keluarannya dapat kita lihat di layar monitor terlebih dahulu, kemudian kita dapat memodifikasi atau melakukan perubahan-perubahan bentuk tulisan, kesalahan ketikan dan yang lainnya. Seperti juga “mouse”, keyboard dihubungkan ke komputer dengan sebuah kabel yang terdapat pada keyboard. Ujung kabel tersebut dimasukkan ke dalam port yang terdapat pada CPU komputer.
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 bagian, yaitu:

1.         Keyboard Serial
           
Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.

Gambar 1.3
Port  pada keyboard serial
 
 








2.         Keyboard PS/2

Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Pemasangan keyboard tipe ini harus dilaksanakan dengan cermat, sebab port  yang dimiliki sama dengan port untuk mouse.


Gambar 1.4

Port  pada keyboard PS2 dan konektor pada motherboard
 
 














3.         Keyboard Wireless

Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.


Gambar 1.5

Keyboard dan mouse wireless
 
 











4.    Keyboard USB
           
Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektor         USB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Gambar 1.6

Konektor USB
 
 













        Struktur tombol pada keyboard

Dari sisi tombol yang digunakan, keyboard memiliki perkembangan yang tidak       terlalu pesat sejak ditemukan pertama kali. Yang terjadi hanyalah penambahan –            penambahan beberapa tombol bantu yang lebih mempercepat pembukaan aplikasi program.
Secara umum, struktur tombol pada keyboard terbagi atas 4,   yaitu:
5.         Tombol Ketik (typing keys)
Tombol ketik adalah salah satu bagian dari keyboard yang berisi huruf dan angka serta tanda baca.
Secara umum, ada 2 jenis susunan huruf pada keyboard, yaitu tipe QWERTY dan DVORAK. Namun, yang terbanyak digunakan sampai saat ini adalah susunan QWERTY.
6.         Numeric Keypad
Numeric keypad merupakan bagian khusus dari keyboard yang berisi angka dan sangat berfungsi untuk memasukkan data berupa angka dan operasi perhitungan. Struktur  angkanya disusun menyerupai kalkulator dan alat hitung lainnya.
7.         Tombol Fungsi (Function Keys)
Tahun 1986, IBM menambahkan beberapa tombol fungsi pada keyboard standard. Tombol ini dapat dipergunakan sebagai perintah khusus yang disertakan pada sistem operasi maupun aplikasi.
8.         Tombol kontrol (Control keys)
Tombol ini menyediakan kontrol terhadap kursor dan layar. Tombol yang termasuk dalam kategori ini adalah 4 tombol bersimbol panah di antara tombol ketik dan numeric keypad, home, end, insert, delete, page up, page down, control (ctrl), alternate (alt) dan escape (esc).

           


















Gambar 1.7
Bagian – bagian keyboard
 
 




Beberapa fungsi tombol pada keyboard terdapat pada tabel berikut ini.


Tombol ALT akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti F4 misalnya yang berguna untuk ShutDown atau menutup Windows Program yang sedang aktif.
Tombol CTRL akan berfungsi bila penggunaannya dipasangkan dengan tombol lainnya seperti tombol C atau disebut juga CTRL-C akan berguna untuk menyalin saatu objek yang ditunjuk ke dalam clipboard, yang nantinya dapat disalinkan pada area kerja yang ditentukan dengan menggunakan CTRL-V
Tombol F1F12 adalah tombol fungsi yang pemanfaatannya disesuaikan dengan sistem operasi atau aplikasi. Misal, F1 biasanya digunakan untuk menampilkan menu Help yang akan memberikan penjelasan mengenai aplikasi yang sedang berjalan
Tombol ESC (Escape) adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan  CANCEL, yaitu untuk membatalkan satu tahap pekerjaan.
Tombol Enter adalah tombol yang kegunaanya sama dengan pilihan tombol OK, yaitu untuk menyatakan bahwa operasi yang dilakukan betul dan selesai. Enter juga dapat berarti menyisipkan baris kosong atau baris baru pada proses pemasukan text.
Pada Window dialog, menekan tombol TAB berarti pindah ke field atau daerah isian atau pilihan berikutnya. Pada saat proses pengetikan, TAB berarti lompat ke penghentian TAB (tab-stop) terdekat.
Menggerakan penunjuk karakter (kursor) sesuai arah anak panah bersangkutan.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Backspace akan mengakibatkan karakter (huruf) disebelah kiri kursor terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Delete akan mengakibatkan karakter(huruf) disebelah kanan atau ditempat dimana kursor berada akan terhapus.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol Home akan mengakibatkan kursor berpindah ke awal baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol End akan mengakibatkan kursor berpindah ke akhir baris dimana kursor berada.
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke atas sejauh satu layar dari kursor berada
Berguna pada saat proses pengetikan. Menekan tombol PgUp akan mengakibatkan kursor berpindah ke bawah sejauh satu layar dari kursor berada


        Rangkuman kegiatan belajar 1

·                      Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang berfungsi untuk memasukkan data secara langsung kepada bagian proses
·                      Secara fisik, keyboard dapat dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:
o   Serial;
o   PS2;
o   Wireless;
o   USB.
·                      Keyboard terdiri atas 4 bagian utama, yaitu:
o   Typing keys;
o   Numeric keypad;
o   Function keys;
o   Control keys.
·                      Tombol ketik pada keyboard terdiri atas 2 jenis, yaitu QWERTY dan DVORAK.


        Tugas kegiatan belajar 1

1.         Diskusikan dengan rekan Anda fungsi utama keyboard sebagai alat input.
2.         Carilah informasi sebanyak – banyaknya mengenai jenis – jenis keyboard, terutama dari segi desain ergonomisnya (Silakan buka www.ilmukomputer.com, www.howstuffworks.com dan www.whatis.com ).
3.         Diskusikan perbedaan antara keyboard QWERTY dan DVORAK.
4.         Bukalah aplikasi word processing apa saja (atau minta bantuan guru / instruktur anda untuk membukanya), kemudian ketik satu persatu tombol – tombol pada keyboard, kemudian catat dan buat rangkuman korelasi antara penekanan tombol dengan hasil yang tampak pada layar Anda.

        Tes formatif pemelajaran 1

Selesaikan soal teori yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)













3.  KEGIATAN BELAJAR 2
 


3.1      Tujuan
Untuk apa belajar mengetik 10 jari apabila dengan ‘11’ jari saja pekerjaan sehari – hari telah dapat dilakukan ?
Mungkin pertanyaan tersebut akan terlontar apabila melihat tujuan kegiatan belajar ini.
Memang seorang teknisi tidak membutuhkan kecepatan dan kepandaian mengetik 10 jari seperti seorang sekretaris, tetapi apabila dihadapkan pada suatu keadaan yang baru, dimana kecepatan merupakan sebuah tuntutan, maka mengetik 10 jari dengan cepat dan tepat adalah sebuah keharusan.
Kegiatan belajar 2 ini menekankan kepada dasar-dasar mengetik 10 jari yang dilengkapi dengan latihan untuk setiap tombol yang ada pada keyboard. Setiap latihan hendaknya dapat diikuti secara penuh dan bertahap. Jangan melangkah ke latihan berikutnya apabila belum memahami dan menguasai latihan yang saat ini dilaksanakan.
3.2      Langkah awal pemelajaran
Ketiklah kalimat dibawah ini pada komputer di depan Anda (silakan menggunakan word processing apa pun, mintalah bantuan instruktur untuk membuka aplikasi tersebut), dan hitung waktu yang Anda butuhkan untuk mengetik keseluruhan kalimat.

Pesatnya kemajuan tneknologi informasi dan komunikasi, disingkat TIK, atau disebut pula informatika, yang kemudian berkembang menjadi telematika, serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, dan pemerintah. Perkembangan ekonomi berbasis ilmu pengetahuan dan informasi telah menjadi paradigma global yang dominan. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan informasi akan menentukan masa depan kesejahteraan bangsa.
Berbagai keadaan menunjukkan bahwa Indonesia belum mampu mendayagunakan potensi TIK secara baik, dan oleh karena itu Indonesia terancam kesenjangan digital (digital divide). Kesenjangan sarana dan prasarana TIK antara kota dan pedesaan, juga memperlebar jurang perbedaan sehingga terjadi pula digital divide di dalam negara kita sendiri.

 
 












·                      Hitung waktu yang anda butuhkan untuk mengetikkan 2 paragraf di atas.
·                      Hitung kesalahan kata dan huruf yang Anda lakukan dalam pengetikan tersebut.
·                      Ingin  mengetik  dengan  lebih  cepat ?  Lebih  akurat ?  Dan  lebih  Profesional ?
 













3.3      Tips menggunakan keyboard

Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.
Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
1.         Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.
2.         Posisi siku menggantung
Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
3.         Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4.         Tekan tombol dengan tenang
Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5.         Bila tidak sedang mengetik
Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.



 


















3.4      Posisi tangan pada keyboard

Secara umum, ada 2 cara peletakan tangan pada keyboard.


3.4.1        Posisi Pertama
 






































Tangan Kiri





Jari Kelingking
:
Baris Pertama
=
‘ dan 1


Baris Kedua
=
Tab dan Q


Baris Ketiga
=
Capslock dan A


Baris Keempat
=
Shift kiri dan Z


Baris Kelima
=
Ctrl dan Windows





Jari Manis
:
Baris Pertama
=
2


Baris Kedua
=
W


Baris Ketiga
=
S


Baris Keempat
=
X





Jari Tengah
:
Baris Pertama
=
3


Baris Kedua
=
E


Baris Ketiga
=
D


Baris Keempat
=
C





Jari Telunjuk
:
Baris Pertama
=
4 dan 5


Baris Kedua
=
R dan T


Baris Ketiga
=
F dan G


Baris Keempat
=
V dan B





Ibu Jari
:
Baris Kelima
=
Alt kiri dan Spasi










Tangan kanan





Ibu Jari
:
Baris Kelima
=
Alt kanan dan Spasi





Jari Telunjuk
:
Baris Pertama
=
6 dan 7


Baris Kedua
=
Y dan U


Baris Ketiga
=
H dan J


Baris Keempat
=
N dan M





Jari Tengah
:
Baris Pertama
=
8


Baris Kedua
=
I


Baris Ketiga
=
K


Baris Keempat
=
,





Jari Manis
:
Baris Pertama
=
9


Baris Kedua
=
O


Baris Ketiga
=
L


Baris Keempat
=
.
Jari Kelingking
:
Baris Pertama
=
0, -, = dan BackSpace


Baris Kedua
=
P, [ dan ]


Baris Ketiga
=
L, ;, ‘ dan Enter


Baris Keempat
=
/ dan shift kanan

3.4.2        Posisi Kedua
 




































Tangan Kiri





Jari Kelingking
:
Baris Pertama
=
‘ dan 1


Baris Kedua
=
Tab dan Q


Baris Ketiga
=
Capslock dan A


Baris Keempat
=
Shift kiri dan Z


Baris Kelima
=
Ctrl dan Windows





Jari Manis
:
Baris Pertama
=
2 dan 3


Baris Kedua
=
W


Baris Ketiga
=
S


Baris Keempat
=
X





Jari Tengah
:
Baris Pertama
=
4


Baris Kedua
=
E


Baris Ketiga
=
D


Baris Keempat
=
C





Jari Telunjuk
:
Baris Pertama
=
5 dan 6


Baris Kedua
=
R dan T


Baris Ketiga
=
F dan G


Baris Keempat
=
V dan B





Ibu Jari
:
Baris Kelima
=
Alt kiri dan Spasi










Tangan kanan





Ibu Jari
:
Baris Kelima
=
Alt kanan dan Spasi





Jari Telunjuk
:
Baris Pertama
=
7 dan 8


Baris Kedua
=
Y dan U


Baris Ketiga
=
H dan J


Baris Keempat
=
N dan M





Jari Tengah
:
Baris Kedua
=
I


Baris Ketiga
=
K


Baris Keempat
=
L





Jari Manis
:
Baris Pertama
=
9


Baris Kedua
=
O


Baris Ketiga
=
L


Baris Keempat
=
.
Jari Kelingking
:
Baris Pertama
=
0, -, = dan BackSpace


Baris Kedua
=
P, [ dan ]


Baris Ketiga
=
;, ‘ dan Enter


Baris Keempat
=
/ dan shift kanan


Baris Kelima
=
Windows, left click dan ctrl kanan

Modul ini menggunakan cara kedua dalam proses pengetikan 10 jari.

3.5      Latihan Dasar

Bagian ini merupakan latihan – latihan dasar untuk mengetik 10 jari. Ikuti baik – baik langkah – langkah yang ada pada setiap latihan. Jangan berpindah ke latihan selanjutnya apabila latihan pertama belum dikuasai dengan baik.

3.5.1        Latihan penguasaan tombol pangkal

Garis pangkal ini adalah letak jari apabila kita meletakkan jari pada keyboard. Gerakan – gerakan jari harus segera kembali pada posisi garis pangkal.

 






                       Tangan kiri: A, S, D dan F                   Tangan kanan:  J, K, L dan ;

Untuk melatih penggunaan tombol pangkal, ketiklah yang berikut masing – masing 5 baris.

ff   ff   ff   ff   jj   jj   jj   jj   fj   fj   fj   jf   jf   ff   jj   fj   fj   jf   jf
dd  dd  dd  kk  kk  kk  dk  dk  kd  dk  dd  kk  fk  jd  kj  jk  kj
ss  ll  ss  ll  ss  ll  sl  ls  ls  ls  js  fl  fl  dl  dl  ld  js  lf  ld
aa  aa  ;;  ;;  aa  aa  ;;  ;;  a;  a;  a;  aj  aj  aj  f;  ka  da  ja  f;
jaf  faj  dak  kad  jad  dal  lad  sad  sak  kas  dak  kal  jak  lak
daka  kada  lasa  sala  fasa  asaf  asal  sadal  akal  adas  jala
jasa  lasak  falak  salak  jalak  fasal  jasad  kadal  kakak  jajal
jakad  sakal  kadas  kasad  kasal  kas dadak sadak  saja  alas
jaksa  ada  kala;  kakak  ada  dada;  jaksa  jajal  fasal  fasal

3.5.2        Latihan penguasaan tombol g
Tombol g diketik dengan jari telunjuk kiri ke arah kanan. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris
fg  fg  gf  jg  gj  dg  kg  kg  sg  lg  ag  jg  lg  ag  jg  lg  sg  dg  gd
gaf  gad  gal  gas  gaj  gagak  gagad  jagad  gagal  lagak  galak
gaja  jaga  gasak  gadak  gasal  gajak  gagak  gafa  gagal  gafa
galak  jagad  gagal  gagak  sagak  lagak  gafal  gafaj  lafas  gas
ada  gagak  galak;  galak  gagak  ada  saja;  saja  gagak  fasal

3.5.3        Latihan penguasaan tombol h
Tombol h diketik dengan jari telunjuk tangan kanan ke arah kiri. Renggangkanlah jari telunjuk, sedangkan jari kelingking tetap pada tempatnya.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

jh  jh  hj  fh  hf  hk  kh  hd  ha  hl  sh  ah  ha  hl  hs
jah  fah  gah  dah  sah  lah  hal  has  hak  hah  hag  fah  dah
hajag  gadah  halal  hagal  lafah  halal  kalah  lajah  sadah
hafal  hafas  hajag  jadah  asah  gajah  jaha  jasad  gajah  akal
lafal  gajah  salah  jagad;  kadal  salah  gajah;  kasa  jaksa

3.5.4        Latihan penguasaan tombol e
Tombol e diketik dengan jari tengah tangan kiri ke sebelah atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

de  de  de  ed  ed  ed  ke  ek  fe  je  fe  ge  se  le  ke  se  dek
            dede  keke  dekdek  kedked  dedak  ledas  sedak  dedes  ledas
            kekal  sedah  lekah  gede  jedah  lelah  gedek  saleh  hehe

3.5.5        Latihan penguasaan tombol i
            Tombol i diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            ki  ki  ki  ik  ik  ik  di  di  fi  fi   ji   ji   li   si   is   di   ki   di   di
            ki  didi  dedi  keki  sili  lisi  siki  didik  dedik  didih  dedi  keki
            lili  leli  sisi  lidi  asih  gigi  gigih  jika  alih  kaki  daki  jikil
            didik  didi  lihai  sedih  siji  gili  gila  hilaf  fisik  sedih  lihai

3.5.6        Latihan penguasaan tombol r
Tombol r diketik dengan jari telunjuk kiri rapat ke atas.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            fr   fr   fr   rf   rf   rf   jr   jr   rj   rj   gr   gr   rg   rg   rh   kr   dr   sr
            fir   fer   ker   lir   sir   ser   ler   air   lari   kari   kiri   dari   kiri   rid
            raki  rika  geri  heri  jeri  feri  seri  lira  sari  deras  jari  deras
            era  eri  geri  risa  riri  kera  dera  liar  riak  rial  rias  rere  eri


3.5.7        Latihan penguasaan tombol u
            Tombol u diketik dengan jari telunjuk kanan ke atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            ju   ju   ju   uj   uj  uj  fu  fu  uf  gu  ug  hu  uh   du   lu   ul   sul
            juju  fuju  guju  huju  kuku  duduk  susu  lusu  suku  ujuk  juri
            ujud  sujud  kuah  sauh  guruh  deru  jeruk  deruh  ragu  sagu
            deru  saku  laku  kaku  siku  rusak  luas  kura  lagu  salju  gusi

3.5.8        Latihan penguasaan tombol m
            Tombol m diketik dari jari telunjuk kanan rapat ke sebelah bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            jm  jm  jm  mj  mj  mj  fm  mf  dm  md  km  mk  ms  im  sm  am
            mia  mie  mis  mid  mif  mud  mur  muak  muka  rame  rumah
            jama  jamu  jemu  mimis  mila  mimic  demi  semir  mile  limau
            ramah  samak  lemak  mika,  gama  jamak  maka  mamuk

3.5.9        Latihan penguasaan tombol v
            Tombol v diketik dengan jari telunjuk kiri ke bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            fv  fv  fv  vf  vf  vf  hv  vh  fv  fv  iv  vi  dv  vd   vk  kv   vl
            vur  vir  val  vak  vaf  vakir  vas  vava  vasir  luv  vul  vuvur  viva
            vuvu  vulva  vis  vulva  vikda  vules  veksi  viksa  vulva  veve
            gavur  haver  juvel  livak  kurva  larva  serva  vivi  vasu  suva

3.5.10     Latihan penguasaan tombol n
            Tombol n diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            jn  jn  jn  nj  nj  nj  jan  nam  jin   jen   nevl   neni   nina   nini
            nana  makan  nian  deni  senian  anin  nian  mian  nisah  ninah
            gung  gunung  junan  fanni  nisan  hiasan  human  nunuk  nava
            niur  sana  sini  mina  vandal  mannen  nama  nenek  nanu  niru

3.5.11     Latihan penguasaan tombol b
            Tombol b diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            fb  fb  fb  bf  bf  bf  jb  bj  bk  bal  lab  bas  buk  bek  bikin
            bubuk  baba  babi  bibi  bebek  lubuk  kubu  bubur  dubur  bulu
            baris  bala  baker  badu  babi  basi  bari  bisul  beruk  babak
            bani  bakmi  bendi  badak  barak  benak  bivak  beruk  busuk

3.5.12     Latihan penguasaan tombol c
            Tombol c diketik dengan jari tangan tengah kiri ke sebelah bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            dc   dc   dc   ce   cd   cd   kc   ck   jc   ic   cl   ch   gc   cg   cd
            cece  cuka  ceki  cucu  caca  cici  cari  cicil  curi  ceri  carilah
            cadu  cuad  cecis  nacis  leces  lecet  licu  macu  baca  ceceb

3.5.13     Latihan penguasaan tombol koma
            Tombol koma diketik dengan jari tengah kanan ke sebelah bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            cucu nenek,  anak ibu,  adik kakek,  lurah,  cucu,  nenek,  ibu,
            anak,  adik,  sama,  jani,  gajah,  macan,  rusa,  camar,  kejam,

3.5.14     Latihan penguasaan tombol t
            Tombol t diketik dengan jari telunjuk kiri direnggangkan ke sebelah atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            ft   ft   ft   tf   tf   tf   ft   tf   lt   tl   st   nt   mt   tm   tn   ts   st   tm
            fit   tek   tak   tuk   tika   teri   tiku   timun   teriak   tarik   titi   tek
            taci   tecu    tacu   taji    tareh   atgi   timun    tinggi   titing    tuti
            seriti  sarut  tuan  tutu  tajah  ganti  setuju  catu  sarut  tuka

3.5.15     Latihan penguasaan tombol y
            Tombol y diketik dengan jari telunjuk kanan direnggangkan ke sebelah atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            jy  jy  yj  yj  hy  yh  fy  yf  yt  yt  ty  uy  yu  yhj  yhy  juy  kuy
            yeni  yuyu  yareh  yety  jaya  raya  saya  daya  kayu  layu
            yati  gayu  hayu  masayu  dayan  citayan  cilamaya  sayur  yari

3.5.16     Latihan penguasaan tombol o
            Tombol o diketik dengan jari manis kanan ke atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            lo  lo  lo  so  so  ko  ok  do  fo  jo  ho  so  lo  co  to  vo  lo
            lolo  sono  olo  solo  kodok  rokok  totok  golok  holo  alo  elok
            olok  ojak  okumeno  bodoh  jorok  gado  cocok  odek  reok
            otak  olah  solo  Volvo  oyak  yoyo  yono  tono  otak  olah  solo

3.5.17     Latihan penguasaan tombol w
            Tombol w diketik dengan jari manis kiri ke atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            sw  sw  sw  ws  ws  lw  lws  sws  lws  cow  woll  loww  soww
            woll  wall  which  saw  was  who  which  what  who  cow  wall
            wolf  waht  which  saw  was  twi  two  town  khow  down
            jewells  giwang  hawa  mawas  sawa  ketawa  sawo  mawar

3.5.18     Latihan penguasaan tombol titik
            Tombol titik diketik dengan jari manis kanan ke bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

ll.   s.   ol.   sw.   ll.   ss.   sws.   lolo.   so.   los.   kaos.   lolos.
hari ini cocok untuk ia bermain.  sedang kemarin ia tidak tidur
hari ini untuk bermain.  sedang kemarin ia tidak cocok saja.
yathy sakit hari ini.  sebab itu ia tidak masuk sekolah hari ini.

3.5.19     Latihan penguasaan tombol shift kiri dan kanan
Apabila jari tangan kanan mengetik, maka tombol shift kiri yang ditekan, sedangkan apabila jari tangan kiri yang mengetik, maka tombol shift kanan yang ditekan.
Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            Juni,   Korma,   Lerry,   Itik,   Musa,   Harry,   Unu,   Noyo,   Juni,
            Ferry,  Gajah,  Dick,  Sulaiman,  Agustus,  Gurry,  Bakar,  Dock,

3.5.20     Latihan penguasaan tombol p
            Tombol p diketik dengan jari kelingking kanan ke atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            pp  ap   sp   dp   fp   lp   kp  gp  tp  cp  up  mp   ap  wp   pp   ap
            apa  papa  panam  palu  paku  pasar  patal  pagar  pagi  papa
            papan  gapur  cipa  yapa  peri  pakta  pastor  pondok  pantun
            japan  gapur  cipa  yapa  copot  bapak  pispot  wingpt  panu
            Padi  menguning,  pastor  membaca,  Phospor  bahan  kimia

3.5.21     Latihan penguasaan tombol x
            Tombol x diketik dengan jari manis kiri ke bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            sx   sx   sx   xs   xs   xs   lx   xl   dx   xd   fx   kx   xk   wx   xw   kx
            max  nes  lex  dex  telex  xenon  ex  donex  maxy  sexy  xeres
            exec  laxi  maxi  taxi  rotax  xixi  xuci  telex  six  taxi  laxi  cixi

3.5.22     Latihan penguasaan tombol q
            Tombol q diketik dengan jari kelingking kiri ke atas.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            aq   aq   aq   qa   qa   jq   qj   kq   qk   bq   qv   cq   xq   tq   rq
            quin  qoqo  qaqa  Qantas  qanqan  qimpu  quker  quares  qoqo
            Conqueror makan Quakeer,  Queen dinobatkan pada hari ini.

3.5.23     Latihan penguasaan tombol z
            Tombol z diketik dengan jari kelingking kiri ke bawah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            az  az  az  za  za  za  zz  za  az  kz  dz  zd  iz  wz  qz  zq  iz
            taz  zat  zar  zul  zone  zigzag  zamzam  zone  zitzit  zaszas  zat
            Ijazah,  Zone,  Zigzag,  Zamzam,  Zulkarnaen,  Zulham,  Zone.

3.5.24     Latihan penguasaan angka – angka
Pengetikan angka – angka ini perlu mendapat perhatian yang serius karena tata letak tombol yang agak sukar.

            Angka 1         : dengan jari kelingking kiri ke atas
            Angka 2         : dengan jari manis kiri ke atas
            Angka 3         : dengan jari tengah kiri ke atas
            Angka 4         : dengan jari telunjuk kiri ke atas
            Angka 5         : dengan jari telunjuk kiri ke atas
            Angka 6         : dengan jari telunjuk kanan ke atas
            Angka 7         : dengan jari telunjuk kanan ke atas
            Angka 8         : dengan jari tengah kanan ke atas
            Angka 9         : dengan jari manis kanan ke atas
            Angka 0         : dengan jari kelingking kanan ke atas

            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            a1  a1  a1  1a  1a  1a  q1z  s1s  a1  a1  z1  1z  11  a1  11  s1
            Saya perlu telor 11 butir untuk 1 minggu.
            S2  S2  w2  x2  12  c2  s2  w2  12  s2  w2  12  k2  d2  f2  s2  12
            d3  d3  e3  e3  d3  de3  dc3  cd3  ce3  ce3  kd3  fr3  gr3  de3
            Ayah mempunyai cucu sebanyak 3 orang.
            y4   y4   y4   4y   rr4   f4b   f4m   4fm   4ry   y4r   y4   c4
            f5   f5   5f   5f   5f   f5v   f5g   5g5   55ff  5f   f4g   gg4   5f5   f5
            Rokok 55 express buatan London.
            j6  j6j  y6y  j6m  j6u   6j6   6u6   6un   h6y   y6y   6yh   6yn   6ym
            j6  j6j  j6u  6j6  6u6  6um  h6y  y6y  6yh  6yn  6ym  6ym  6y6
            Dalam tahun tertentu banyaknya hari 366 hari.
            J7  j7j   ju7   jm7   yu7   7un   ju7   u7j   j7j   7j7   j7j   7uj   7uj
            Satu minggu banyaknya 7 hari, Jam Titus 77 batu.
            k8   k8k   8k8   ki8   dk8   8ki   88k   8d8   8dk   d8i   dk8   88i
            l9  l9l  99  lo9   sl9   sl9   l9l   99s   oo9   ll9   9l9   o9o   ao9   9ol
            1a   10   100   010   1p   p1   p0   001   0p1   101   000   0p   p1

3.5.25     Latihan penguasaan tanda – tanda baca
Untuk tanda – tanda baca yang letaknya terdapat di sebelah atas angka – angka, diketik dengan menekan tombol shift kiri atau kanan dan selanjutnya menekan tombol angka yang sesuai.
Untuk tanda – tanda baca yang terletak di sebelah kanan, diketik dengan menggunakan jari kelingking kanan.
            Tanda kurang dapat digunakan juga sebagai garis pemisah.
            Ketiklah kata berikut masing – masing 5 baris.

            PT. “SRIWIJAWA LINES” Jalan Andalas 5, Jambi.
            5% dari 10.000 kg = 500 kg
            L = Pound Sterling adalah mata uang Inggris.
            $ = Dollar adalah mata uang USA.
            (Dr.Ir.Gatot Hari Priowirjanto); Direktur Dikmenjur Depdiknas Jakarta
           
3.5.26     Latihan mengetik cepat
Ketiklah kalimat – kalimat di bawah ini dalam waktu 5 menit (100 hentakan per – menit).

mantu kemu manuk maman mimic merah majang molor mantu nina nunung ninna nuri nori kami kenan kemari kenduri norma badu makan nasi tiap hari dan adiknya baru besuk orang sakit bandi selalu pergi ke pasar malam tiap hari membawa ban sepeda cocok cucu cetil coba cabing ascaris cari cerita cicak cela cebe lombok cantik xermon texas taxi maxi express volavo vulva vandel vivere veri coloso vasco dagama azan wazir bravo the quick bravo zarah azam azar vas bunga layu lemah gemulai tenang tidur siang
 
           








3.6      Tugas kegiatan belajar 2

1.         Tuliskan alasan mengapa Anda memilih program keahlian pada SMK yang saat ini Anda geluti. Tulis esai tersebut dengan mengetik pada komputer Anda menggunakan metode 10 jari. Panjang tulisan antara 900 sampai 1000 karakter. Kerjakan dalam waktu maksimal 10 menit.

2.   

Ceritakan makna gambar di samping dengan gaya bahasa dan nalar Anda sendiri.
Tuliskan pada komputer dengan metode mengetik 10 jari, jumlah karakter 500 - 600 dan waktu kurang dari 5 menit.
 













3.7    Tes formatif kegiatan belajar 2

Selesaikan soal praktek yang ada pada bagian 1 (pendahuluan)
DAFTAR PUSTAKA
 





M. Situmeang, Drs,  Pelajaran Mengetik 10 Jari, Karya Utama, Jakarta, Indonesia, 1999.

Khalid Mustafa, Langkah Mudah Merakit & Membangun Jaringan Komputer, Coraq Press, Makassar, Sulawesi Selatan, 2004.

www.ilmukomputer.com

www.whatis.com


www.howstuffworks.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN SURAT

Media Komunikasi

Surat Bing and Bindo UKK