Media Komunikasi


Media Komunikasi
Dalam arti luas media adalah orang, bahan, peralatan atau kegiatan yang menciptakan kondisi yang memungkinkan seseorang memperoleh keterampilan, pengetahuan, dan sikap. Jadi media itu dapat berwujud media tertulis maupun lisan, manual, elektrik atau elektronik dan sebagainya.
Media Komunikasi adalah media yang dipergunakan dalam proses komunnikasi untuk mencapai suatu tujuan. Media komunikasi sangat mempengaruhi efektivitas suatu komunikasi, dan pengnaannya sangat erat dengan keadaan si penerima informasi.

Fungsi Media Komunikasi
Fungsi adalah tugas atau kegiatan yang mempunyai peranan khusus dan bersifatsaling menunjang untuk mencapai suatu tujuan. Setiap fungsi media mempunyai bentuk kegiatan dan peranannya yang berbeda, tetapi saling mendukung agar tujuan yang diharapkan berhasil.
Media komunikasi didalam prosesnya mempunyai fungsi, diantaranya :
1.      Mempermudah penyampaian pesan atau informasi kepada komunikan.
2.      Sebagai alat untuk membangkitkan motivasi komunikan.
3.      Mengefektifkan proses penyampaian kepada komunikan.
4.      Mempersingkat waktu penyampaian kepada komunikan.
5.      Membangkitkan daya tarik pesan yang akan disampaikan.
6.      Mengkonkritkan isi berita yang bersifat abstrak.
7.      Memperjelas isi dan meksud informasi yang akan disampaikan.
8.      Merupakan alat hiburan dan mendidiknpara komunikan.

Jenis-Jenis Media Komunikasi
Berdasarkan cara penggunaannya atau sifatnya, media komunikasi dapat dikelompokkan menjadi 3 golongan atau jenis yaitu :
1.      Media Komunikasi Audial (Pendengaran)
Media Audial adalah alat penyampain pesan/message yang dapat ditangkap melalui saluran pendengaran. Contohnya : TV, radio, tape recorder, telepon, dll.
2.      Media Komunikasi Visual (Penglihatan)
Media Visual adalah alat penyampaian pesan/massage yang dapat ditangkap melalui saluran penglihatan. Contohnya : surat, transparansi, poster, chart, spanduk, dll.
3.      Media Komunikasi Audial Visual (Pendengaran dan Penglihatan)
Media Audial Visual adalah alat penyampaian pesan/massage yang dapat ditangkap melalui saluran pendengaran dan penglihatan. Contoh : TV, video, film, dll.
Berdasarkan sasarannya, media komunkasi dapat dibedakan menjadi dua kelompok yaitu :
1.      Media Komunikasi Umum
Media komunikasi umum adalah alat- alat penyampaian pesa/message yang ditujukan kepada sasaran tunggal, kelompok atau massa. Contoh : telepon, surat, brosur, telegraph, brosur, plakat, poster, spanduk, pamphlet, dll.
2.      Media Komunikasi Massa
Media komunikasi massa adalah penyampaian pesan/massage yang hanya ditunjukan atau digunakan dalam komunikasi massa. Contoh : telepon, radio, TV, telegraph, brosur, surat kabar, majalah, spanduk, dll.




 
Keuntungan dan Kelemahan Media Komunikasi
Seperti kita ketahui bahwa jenis-jenis media komunikasi yang dipergunakan mempunyai keuntungan dan kelemahannya, diantaranya :
1.      Media Audial (Pendengaran)
Keuntungan
a.      Harganya relative agak murah
b.      Dapat membangkitkan fantasi pendengaran
c.       Mudah dibuatnya dan dipergunakannya
d.      Alatnya sangat sederhana
Kelemahan
a.      Agak sulit dikontrolnya
b.      Kualitas suaranya cenderung menurun atau berkurang
c.       Apabila ada kesalahan harus membuat naskah baru
d.      Tidak dapat diperkenalkan dalam visual
2.      Media Visual (Penglihatan)
Keuntungan
a.      Informasi yang disampaikan lebih jelas
b.      Biaya pembuatannya relative agak murah
c.       Pelaksanaannya dapat menghemat tenaga
d.      Pembuatannya dan penggunaannya lebih mudah
Kelemahan
a.      Perlu waktu guna menafsirkan pengertiannya
b.      Menimbulkan rasa bosan atau jenuh
c.       Menimbulkan gangguan-gangguan yang tidak diinginkan
3.      Media Audial Visual (Pendengaran dan Penglihatan)
Keuntungan
a.      Pemakiannya tidak membosankan
b.      Hasilnya dapat dimengerti dan dipahami
c.       Informasi yang diterima lebih jelas dan cepat dimengerti
d.      Informasi dapat diterima sesuai dengan kenyataan

Kelemahan
a.      Kejelasan suaranya kadang-kadang tidak jelas
b.      Pelaksanaannya perlu waktu yang cukup lama
c.       Pelaksanaannya memakan tempat yang cukup luas
d.      Biayanya relative agak mahal

Tujuan Penggunaan Media Komunikasi
Secara umum tujuan penggunaan media komunikasi yaitu :
1.      Membantu promosi dalam meningkatkan pemasaran produk/jasa.
2.      Menjalin komunikasi yang berkesinambungan.
3.      Meningkatkan kepercayaan public/masyarakat luas.
4.      Meningkatkan citra baik perusahaan/organisasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN SURAT

Surat Bing and Bindo UKK